Impian Keluargaku

Keluarga ceriaku selalu membuatku bersemangat......
Bersemangat bekerja keras, baik di rumah, di kantor maupun di bisnisku......
Aku ingin mempersiapkan masa depan keluargaku sedini mungkin......
Karena aku yakin 5 - 10 tahun mendatang......
Semua biaya-biaya sekolah dan kebutuhan hidup akan meningkat.......
Jadi aku harus mulai dari sekarang..... jangan ditunda untuk bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik.......

Sabtu, 09 Oktober 2010

Tips Mengembangkan Kemampuan Organisasi Anak

  1. Libatkan anak dalam setiap aktifitas uang menuyangkut kepentingan bersama dengan memintanya mengemukakan pendapat.  Misalnya menentukan tujuan liburan, menentukan kegiatan bersama di akhir pekan.
  2. Kembangkan kebiasaan diskusi dalam keluarga dengan memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk mendapat giliran bicara.  Dalam diskusi, tanamkan juga pada anak bagaimana menghargai pendapat oirang lain.
  3. Jika ada kesempatan untuk mengambil keputusan, sesekali bisa juga dilakukan dengan melakukan voting.
  4. Bagilah tugas-tugas rumah tangga pada setiap anggota keluarga .  Dengan demikian setiap anggota keluarga mempunuai peran dan tanggung jawab yang jelas.  Jika perlu buatlah satu kalender besar untuk mencatat tugas dan tanggung jawab anggota keluarga.
  5. Contohkan perilaku berorganisai pada anak, misalnya dengan aktif terlibat dalam kegiatan RT/RW, di gereja/masjid.
  6. Sejak kecil, ajaklah anak  untuk berinteraksi dengan teman sebaya.  Hal ini penting untuk mengembangkan kenyamanan anak bersosialisasi dengan orang lain yang dapat menjadi modalnya untuk berorganisasi.
  7. Ajari anak bagaimana harus bersikap ketika bertemju dengan orang baru, agar si kecil tidak merasa jengah dan kikuk ketiak berhadapan dengan orang lain.
  8. Amati anak dalam pergaulannya untuk mengethui apakan anak mengalami kesulitan dan memerlukan bantuan dalam berinteraksi.
  9. Doronglah anak untuk melibatkan diri dalam aktivitas berkelompok seperti belajar bersama atau dengan mengikuti klub les yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  10. Bantulah si kecil untuk belajar mengatur waktu, tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari.  Checklist dapat digunakan untuk memerikasa tugas-tugas sekolah, tugas di rumah dan barang-barang yang perlu dibawa ke sekolah.

 sumber:
InspiredKids Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar